5 Cara Berbisnis Online yang Perlu Kalian Ketahui

Oleh : Luarsekolah 277

??Cara bisnis online tentu berbeda dengan cara offline. Kamu perlu paham dulu alat tempur yang biasa digunakan untuk berjualan di media online. Jika kamu masih berkutat dan fokus jualan offline, hanya tinggal tunggu waktu saja untuk gulung tikar, apalagi jika kamu tidak banyak berinovasi.

??Semua saat ini segala hal sudah serba online, bisnis mu perlu juga menyesuaikan dengan keadaan saat ini. Konsumen pun lebih memilih belanja online ketimbang belanja offline. Bukan sekedar mengikuti zaman saja, sebagai penjual atau pebisnis kamu perlu paham dan mengikuti gaya konsumen.

??Jika kamu masih baru dalam dunia jualan online dan belum paham cara bisnis online, kamu tidak salah tempat. Berikut pembahasan cara bisnis online di era digital seperti sekarang ini.

1. Miliki Semua Akun Sosial Media

Saat ini memang sosial media menjadi tempat untuk berjualan secara online. Sudah banyak juga yang membuktikan keberhasilan jualan dengan bermodalkan sosial media. Saat ini kita hidup tak hanya di alam nyata tetapi juga maya, oleh sebab itu pelaku usaha juga perlu memiliki akun sosial media baik di Facebook, Instagram, Twitter dan media sosial yang lainnya.

Kamu bisa menjalankan semuanya di awal untuk melihat respon pasar akan produk yang kamu tawarkan. Jika dirasa hanya beberapa sosial media saja yang memberikan respon yang baik, kamu bisa fokus untuk berjualan di beberapa sosial media tersebut.

2. Buat Website Untuk Jualan

Untuk menjaring orang yang benar-benar membutuhkan dan mencari produk mu, website adalah sarana yang tepat untuk dimiliki. Memiliki website bagi pelaku bisnis online juga sudah jadi hukum wajib yang tak tertulis. Tujuan utamanya adalah agar produk atau jasa yang kamu jual bisa lebih mudah ditemukan calon konsumen.

Konsumen pun lebih nyaman berbelanja dan lebih mudah percaya pada bisnis yang sudah memiliki website sendiri. Secara sederhana, meskipun kamu memiliki akun sosial media, akun tersebut bukan milik kamu sepenuhnya. Kamu hanya “numpang” pada Facebook, Instagram dan media-media sosial lainnya. Sedangkan website adalah rumah atau toko online yang kamu miliki sendiri.

3. Buka Toko di Marketplace

Cara bisnis online lainnya bisa dengan mendaftar di marketplace. Pembeli selain ada di media sosial, mencari di Google, mereka juga senang berbelanja di marketplace. Banyak kemudahan dan promo menarik yang diberikan marketplace.

Tugas kamu adalah membuka toko di marketplace yang sekiranya cocok dengan produk yang kamu tawarkan. Belajar juga soal optimasi toko di marketplace. Cara bisnis online di marketplace tentu berbeda dengan menawarkan produk di media sosial. Hal-hal penting seperti ini sangat perlu kamu ketahui dan pelajari sendiri.

4. Buat Konten Menarik

Jualan di dunia online tak lepas juga dengan konten yang dibagikan. Terlebih di sosial media dan juga di website. Kamu perlu terus menerus membagikan konten agar kehadiran kamu makin banyak diketahui orang.

Dunia online erat juga kaitannya dengan foto, copywriting dan juga video. Kamu bisa fokus pada foto dan copywriting atau memaksimalkan ketiganya. Untuk hasil yang maksimal dan bisa menjaring semua kalangan, tiga hal tersebut tentu menjadi hal yang wajib kamu berikan pada pengikutmu di sosial media maupun website.

5. Hasil Instan Bisa Pakai Iklan

Ingin hasil instan dan tak ingin berlama-lama membangun branding? Solusinya hanya satu, yakni menggunakan iklan. Dimana-mana, jika ingin gratis tetapi menghasilkan, kamu perlu waktu untuk melakukannya. Tetapi jika ingin hasil yang cepat, iklan adalah jawaban yang paling tepat.

Hal yang menjadi soal, kamu perlu mengeluarkan biaya tentunya. Tetapi sisi baiknya, jika kamu memasang iklan di dunia online, biaya yang Kamu keluarkan bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Soal beriklan, kamu hanya perlu akun sosial media Facebook dan Instagram. Dua sosial media tersebutlah yang paling banyak digunakan pebisnis untuk memasang iklan secara online.

Setelah membahasa cara cara bisnis online dengan memanfaatkan sosial media, website dan marketplace apakah bisnis online mu sudah sesuai seperti yang disarankan? Jika belum semua saran kamu jalani, tidak perlu khawatir, lakukan saja seiring berjalannya waktu. Jangan lupa juga untuk terus belajar untuk meningkatkan kemampuan yang berkaitan dengan bisnis dan online marketing agar bisnis mu bisa terus berkembang.

 




Artikel Lain :