Alasan Kamu Harus Memiliki Dana Darurat Di Masa Tua

Luarsekolah

Oleh : Alya Nurfakhira Zahra

Dapat disadari bahwa keadaan ekonomi seseorang tidak selalu berada di puncak, tetapi ada kalanya mengalami jatuh bangun. Apalagi ketika seseorang sudah menginjak usia lansia dan pensiun. Maka dari itu, menabung sejak awal mulai penting demi terciptanya dana darurat di masa mendatang. Belum lagi, seiring berjalannya waktu perputaran ekonomi semakin cepat dan kebutuhan sehari-hari juga semakin banyak. Dengan demikian, kamu harus memiliki dana darurat, terutama di masa tua. Kenapa sih dana darurat menjadi penting untuk setiap orang?

1. Terhindar dari Terlilit Hutang
Memiliki dana darurat bisa menghindari Anda dari terlilit hutang karena sudah mempersiapkan sejak jauh-jauh hari. Dana darurat juga bisa digunakan untuk biaya tak terduga atau biaya perbaikan ketika suatu ketika kamu mengalami kecelakaan. Selain itu, kamu bisa menabungnya untuk biaya di masa tua dan asuransi kesehatan.

2. Mencegah Membeli Barang Tidak Penting
kadang kamu pasti pernah mengalami kesulitan untuk menahan diri membeli barang yang tidak penting. Have dana darurat bisa mencegahmu dari membeli barang tidak penting. Kamu menjadi orang yang lebih hemat. Kamu bisa memilih dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan yang lebih mendesak, seperti biaya listrik, makanan sehari-hari dan biaya tempat tinggal. Kamu juga jadi memiliki tabungan di masa tua sehingga tidak perlu merepotkan keluarga.
       
3.Menabung untuk Asuransi Kesehatan
Selanjutnya, kamu bisa mengalokasikan dana darurat untuk asuransi kesehatan. Walaupun sudah memiliki BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) tetapi terkadang membutuhkan waktu dan prosedur yang rumit serta lama. Memiliki asuransi kesehatan sendiri, Anda akan lebih dipermudah untuk mendapatkan penanganan yang jauh lebih baik dengan fasilitas yang memadai. Kamu juga tidak perlu melalui presodur yang rumit.

4. Biaya Mendesak
Selama pandemi COVID-19 banyak karyawan yang mengalami PHK, kamu bisa menggunakan dana darurat untuk kebutuhan mendesak, seperti kebutuhan sehari-hari. Kamu juga bisa menggunakannya untuk biaya kesehatan serta kebutuhan sekolah apabila sudah memiliki anak.

5. Tunjangan Hari Tua
Terakhir, kamu bisa menggunakan dana darurat sebagai tunjangan hari tua karena kadang-kadang ada orangtua yang tidak suka terlambat anaknya. Kamu bisa menggunakan tunjangan hari tua untuk kehidupan sehari-hari, biaya kesehatan, dan perawatan rumah.

Bagaimana apakah kamu sudah mempersiapkan dana darurat di masa tua? Yuk, mulai mempersiapkan dana darurat dengan memanfaatkan setiap hari!




Artikel Lain :
Hubungi Kami