Apakah Bunga Deposito Bisa Diambil Tiap Bulan? Ini Jawabannya

Luarsekolah

Oleh : Modalku

Bunga deposito adalah keuntungan yang investor dapatkan ketika menaruh modal pada instrumen investasi tabungan berjangka tersebut. Deposito sendiri merupakan produk simpanan bank dengan bunga yang lebih besar daripada tabungan. Oleh karena itu, banyak investor pemula yang tertarik berinvestasi di deposito.

Walau begitu, masih banyak investor yang menanyakan apakah bunga deposito bisa diambil tiap bulan. Investor pemula juga menanyakan kapan bunga deposito bisa diambil. Untuk tahu jawabannya, simak penjelasan berikut ini.

Mengenal deposito

Seperti yang sudah sedikit disinggung tadi, deposito adalah salah satu produk perbankan. Produk ini merupakan tabungan berjangka dengan keuntungan yang lebih besar dari sekadar tabungan biasa. Keuntungan alias bunga deposito bisa lebih besar dari menabung biasa. Itulah kenapa deposito termasuk salah satu instrumen investasi yang paling banyak dipilih investor pemula. Selain menawarkan keuntungan lebih besar daripada menabung biasa, deposito juga berisiko relatif rendah.


Bagi yang ingin mendapatkan keuntungan lebih besar dari sekadar menabung, namun khawatir dengan risiko investasi, maka Anda bisa memilih instrumen deposito. Keuntungan investasi deposito adalah imbal hasilnya bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu. Bunga deposito ini pun sudah jelas berapa besarannya. Jadi, tidak perlu khawatir rugi atau keuntungan menurun. Lalu, apakah bunga deposito bisa diambil tiap bulan?

Perbedaan deposito dan tabungan

Sebelum menjawab pertanyaan kapan bunga deposito bisa diambil, sebaiknya Anda ketahui dulu perbedaan instrumen investasi ini dengan tabungan biasa. Pada dasarnya, deposito dan tabungan sama-sama produk simpanan yang ditawarkan oleh bank. Namun, keuntungan menabung dan investasi deposito berbeda. Keuntungan alias bunga deposito bisa lebih tinggi dari menabung biasa.

Di samping itu, deposito juga baru bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini tidak sama dengan tabungan yang bisa Anda tarik kapan saja. Lalu, apakah bunga deposito bisa diambil tiap bulan? Jawabannya bisa iya atau tidak. Pasalnya, pencairan bunga deposito ini memang tergantung dengan kesepakatan Anda dan pihak bank.

Cara kerja deposito

Deposito adalah tabungan berjangka yang keuntungannya bisa diambil tiap kali jatuh tempo. Jatuh tempo deposito ini bisa Anda pilih sendiri di awal. Nantinya, Anda akan diberikan pilihan jangka waktu (tenor) deposito dan besaran bunga yang bakal didapat. Umumnya, semakin lama tenor yang Anda pilih, maka akan semakin besar bunganya.

Tahukah Anda? Keamanan investasi penting diperhatikan saat pandemi lho! Ini dia 5 Instrumen investasi yang bisa Anda pilih!

Cara menghitung bunga deposito

Keuntungan investasi deposito berasal dari bunga yang akan didapat investor tiap kali jatuh tempo. Besaran bunga ini pun tak sama karena setiap bank memberikan penawaran yang berbeda. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencari tahu dulu informasi bunga deposito tiap bank sebelum menentukan yang paling sesuai tujuan finansial.

Sebagai gambaran, berikut contoh cara menghitung bunga deposito untuk setoran awal Rp100 juta, tenor tiga bulan, suku bunga tahunan 3% dan pajak bunga deposito 20%:

Suku bunga tahunan x setoran deposito x jumlah hari dalam sebulan x keuntungan setelah dikurangi pajak/hari dalam setahun

3% x 100.000.000 x 30 x 80%/365 = Rp200.000 per bulan.

Apakah bunga deposito bisa diambil tiap bulan?

Kapan bunga deposito bisa diambil? Jawabannya adalah dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu itu sesuai dengan tenor yang telah Anda pilih dan sepakati dengan pihak bank, yakni antara tiga bulan, enam bulan, hingga dua belas bulan. Pada intinya, bunga hasil deposito baru bisa Anda cairkan saat tenornya berakhir. Lalu, apakah bunga deposito bisa diambil tiap bulan? Jawabannya bisa iya atau tidak bergantung pada kebijakan bank.

Pada umumnya, keuntungan deposito baru bisa dicairkan setelah masa tenornya berakhir. Jika Anda memilih tenor enam bulan, maka bunga deposito baru bisa cair pada bulan keenam. Begitu pun ketika Anda memilih tenor tiga bulan atau bahkan satu tahun. Meski begitu, ada beberapa bank yang memungkinkan bunga deposito untuk dicairkan tiap bulan. Anda perlu menanyakan syarat dan ketentuan pencairan tiap bulan ini pada bank tempat mengambil deposito.

Nah, itu dia informasi mengenai apakah bunga deposito bisa diambil tiap bulan atau tidak. Ulasan di atas juga sekaligus menjawab kapan bunga deposito diambil. Pada dasarnya, bunga deposito baru bisa diambil saat masa tenor berakhir. Meski demikian, ada bank yang bisa mencairkan bunga tiap bulan namun dengan persyaratan tertentu.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.




Artikel Lain :
Hubungi Kami