Bermodalkan Handphone, Kamu Sudah Bisa Memotret Ala Fotografer Profesional

Luarsekolah

Oleh : Alya Nurfakhira Zahra


Hai Sobat LS!

Siapa di antara kalian yang memiliki hobi motret nih? Namun, bosan dengan gaya foto yang sama atau tidak tahu cara memotret yang sesuai. Jangan khawatir, kamu bisa mencoba lima tips memotret ala fotografer profesional di bawah ini! Pastinya hasil fotomu akan menyerupai fotografer profesional dunia lho! Kamu juga hanya membutuhkan sebuah ponsel untuk melakukannya sehingga mudah diterapkan.

1) Menggunakan Rule of Thirds
Tips pertama kamu bisa menggunakan r ule of thirds untuk mengatur preposisi fotomu sehingga foto yang dihasilkan tidak akan miring pada satu sisi. Dengan penampilan grid maka layar handphonemu akan terbagi menjadi sembilan bagian.

Jika Anda menggunakan ponsel Android, Anda bisa mengklik setting pada aplikasi kamera, kemudian cari submenu grid untuk mengaktifkannya. Jika menggunakan iOS, pilih menu foto dan kamera di pengaturan aplikasi, kemudian aktifkan toggle grid .

2) Mengaktifkan mode HDR untuk Ketajaman
Foto yang dihasilkan masih terlalu terang atau gelap? Kamu bisa mengaktifkan mode HDR ( High Dynamic Range ) untuk mengatur keseimbangan antara shadow dan highlight . Maka hasil fotomu tidak akan terlalu gelap atau terang serta lebih detail. Tips ini dapat kamu aplikasikan ketika memotret kegiatan atau bangunan berlatarkan cahaya matahari untuk menghasilkan kontras yang seimbang.

3) Memilih Sudut yang Tepat
Pemilihan sudut kamera yang sesuai sangat menentukan hasil foto. kamu memotret temanmu yang bertubuh pendek, kamu bisa memutar ponsel 180% milikmu dan menciptakan ruang lebih banyak di atas dibandingkan di bawah kaki. Maka hasil foto yang kamu potret akan lebih terlihat. Selain itu, kamu bisa memilih sudut miring untuk memotret temanmu yang berbadan gemuk dengan eye lavel sehingga temanmu akan terlibat lebih jauh.

4) Fokus dan Eksposure
Saat ini, setiap handphone sudah disediakan fitur untuk mengatur eksposure dan fokus. Kamu bisa memilih eksposur sesuai dengan keadaan pencahayaan untuk menghindari hasil yang di bawah atau di atas. Sedangkan untuk mengatur fokus, kamu bisa menekan cukup lama satu titik pada foto hingga gambar terlihat fokus.

5) Fitur ISO dan Shutter Speed
Penggunaan ISO bertujuan untuk mengatur lokasi pada foto yang dihasilkan. Semakin tinggi ISO maka foto yang dihasilkan akan memiliki sensitivitas tinggi terhadap cahaya. Jika kamu memotret pada siang hari, maka ISO yang diatur harus rendah, malam sedangkan hari, kamu bisa menaikan ISO.

Selanjutnya, kamu bisa mengatur kecepatan rana untuk menangkap gambar yang cepat dan membuat kesan blub pada gambar. Selain tersedia di aplikasi kamera, kamu bisa mendownloadnya melalui play store.

Bagaimana tidak bingung lagi menghasilkan foto berkualitas ala fotografer profesional? Kamu bisa mulai menerapkannya pada objek yang hendak dipotret. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kelas fotografi terbaru dari Luarsekolah di sini.

Untuk setiap pembeliannya, kamu bisa menggunakan teknologi payment gateaway agar dapat menggunakan semua jenis metode pembayaran, seperti e-money , kartu kredit, kartu debit, dan pembayaran lainnya. Anda dapat menerapkan hal ini di Payment Gateaway  Cashlez  , perusahaan terkemuka yang berfokus pada bidang teknologi keuangan yang memberikan nilai bagi pedagang dan pengguna pembayaran mobile . Layanan ini menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang menyukai hal praktis dalam transaksi!




Artikel Lain :
Hubungi Kami