Cara Belajar Online Kamu Jadi Lebih Menyenangkan Selama Pandemi

Luarsekolah

Oleh : Alya Nurfakhira Zahra


Tidak terasa sudah dua tahun kita melalui pandemi COVID-19 dan mengharuskan seluruh aktivitas dari rumah, termasuk belajar dari rumah. Belajar dari rumah adalah bentuk pembelajaran berjarak jauh yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi, seperti internet.

Namun, terkadang belajar online menjadi hal yang menjenuhkan jika dilakukan setiap harinya. Belum lagi jika harus duduk terlalu lama yang menyebabkan badan pegal-pegal. Oleh karena itu, cari tahu yuk cara belajar online jadi lebih menyenangkan selama pandemi, nomor lima paling favorit kamu nih!

1. Menyediakan Tempat yang Nyaman untuk Belajar

Tempat yang nyaman memengaruhi kualitas belajar seseorang serta dapat meningkatkan mood. Pilihlah tempat yang hening dan jauh dari aktivitas orang lain untuk menghindari gangguan selama belajar online. Hindarilah belajar dari kasur karena dapat membuat badan pegal dan konsentrasi buyar. Kamu juga akan ketiduran karena terlalu nyaman rebahan. Maka dari itu, pilihlah tempat duduk yang nyaman serta memiliki sandaran berbahan sofa. Tempat duduk yang nyaman juga bisa menghindari kamu dari sakit leher dan badan pegal-pegal.

2. Melakukan Aktivitas Fisik

Belajar dari rumah mengharuskan kamu duduk terlalu lama hingga leher dan tulang punggung rawan pegal. Maka dari itu, peregangan sebentar, seperti olahraga ringan pada bagian leher dan tulang punggung dapat mencegah badanmu dari penyakit tulang. Aktivitas fisik ringan, seperti bergerak dan jalan santai sembari menghirup udara segar juga dapat mengindari kamu dari stres belajar online.

3. Membuat Rencana Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan

Membuat rencana belajar untuk beberapa hari ke depan dapat membuat belajar online kamu jauh lebih efektif dan menyenangkan. Kamu jadi memiliki waktu luang lebih banyak dikarenakan rencana belajar sudah tersusun sedemikian rupa.

Selain itu, kamu juga bisa menghias jadwal belajar online milikmu menjadi lebih menarik dengan menambahkan stiker atau menandai waktu penting menggunakan stabilo. Dengan demikian, belajar online kamu akan jauh lebih menyenangkan dan terorganisir.

4. Menyediakan Cemilan

Terkadang belajar online menguras waktu dan tenaga. Maka dari itu, menyediakan cemilan sangat dibutuhkan agar belajar online kamu jadi menyenangkan. Kamu bisa menyiapkan makanan ringan, seperti kue atau keripik. Selain dapat mengenyangkan perut, menyediakan cemilan di sela belajar juga dapat membuatmu jauh lebih bersemangat untuk menyerap berbagai ilmu baru. Belajar online juga akan lebih efektif.

5. Meluangkan Waktu Bersosialisasi dan Bermain

Belajar online dari rumah secara terus menerus akan membuat kamu mudah jenuh, oleh karena itu belajar online bersama teman di luar ruangan merupakan pilihan tepat. Kamu bisa bersosialisasi di sela waktu belajar sebagai penyalur rasa stres karena terkurung di rumah terlalu lama.

Selain itu, kamu bisa menyediakan waktu bermain khusus, seperti mengunjungi tempat perbelanjaan, taman, atau wisata alam. Dipastikan cara kelima adalah favorit kamu nih dikarenakan bermain di luar ruangan dapat meningkatkan hormon dopamin yang membuatmu hati jadi bahagia. Rasa bahagia dapat membuat suasana belajar online menjadi menyenangkan.

6. Paling Utama Menentukan Tujuan Belajar Online!

Belajar online tanpa arah akan membuatmu mudah bosan dan tidak konsisten, oleh karena itu betapa pentingnya menentukan tujuan belajar sehingga akan lebih terarah. Selain meningkatkan kualitas diri menjadi lebih konsisten, menentukan tujuan juga bisa meningkatkan kualitas belajar online kamu jadi lebih efektif. Kamu juga akan mendapatkan hasil yang memuaskan karena menentukan tujuan semenjak awal.

Nah, itu dia cara belajar online selama pandemi jadi lebih menyenangkan. Tidak ada lagi deh alasan merasa jenuh karena belajar online. Buat kamu yang memiliki keinginan untuk membarui strategi menggunakan teknologi payment gateway, agar kamu dapat menerima semua jenis metode pembayaran, seperti e-money, kartu kredit, kartu debit, dan pembayaran lainnya. Kamu bisa menerapkan hal ini di Cashlez, perusahaan terkemuka yang berfokus pada bidang teknologi keuangan yang memberikan proposisi nilai bagi pedagang dan pengguna pembayaran mobile. Layanan ini menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang menyukai hal praktis!




Artikel Lain :
Hubungi Kami