Cara Menjawab Pertanyaan Interview Jebakan Secara Cerdas, Nomor Tiga Wajib Ditiru!

Luarsekolah

Oleh : Alya Nurfakhira Zahra


Wawancara merupakan tahapan penting ketika melamar pekerjaan yang perlu diperhatikan setiap pelamar. Oleh karena itu, wawancara kerja menjadi momen krusial untuk sebagian orang dan membuat semua berakhir gagal karena terlalu sibuknya Anda. Belum lagi, jika yang disampaikan bersifat jebakan maka kamu harus lebih teliti dan pertanyaan setiap pertanyaan. Dengan demikian, yuk simak cara menjawab pertanyaan wawancara jebakan secara cerdas, nomor tiga wajib ditiru nih!

1. Gambarkan Diri Anda
Pada awal wawancara kerja kamu akan membuat gambarkan diri Anda oleh HRD/interviewer. Adakalanya kamu pusing untuk menggambarkan diri, kamu bisa menceritakan biodata secara singkat beserta pengalaman bekerja sebelumnya. Kamu juga bisa menyesuaikan jawaban sesuai dengan karakteristik perusahaan. Pertanyaan ini bertujuan untuk HRD/interviewer mengetahui karakter serta sikap dasar dari pencarian. Di akhir jawaban, kamu juga bisa memberikan pernyataan positif, seperti kamu orang yang pekerja keras, bisa menerima masukan dengan baik, dan bisa memandang dalam kelompok.

2. Jelaskan Kelebihan dan Kekurangan Anda
Pertanyaan ini sering menjadi pertanyaan pengecoh wawancara, banyak dari pertanyaan ketika kesulitan memahami dirinya dengan baik. Maka dari itu, sebelum datang ke proses wawancara, Anda perlu mengenali diri dengan baik terlebih dahulu beserta kekurangan dan kelebihannya. Selain itu, tips paling penting adalah kamu juga perlu menambahkan solusi dari pernyataan kekurangan kamu karena ini akan menjadi poin penting. Kamu akan dinilai sebagai sosok yang siap mengambil keputusan dan mengetahui diri secara baik.

3. Mengapa Tertarik Bergabung ke Perusahaan ini?
Pertanyaan ketiga biasanya akan dilontarkan HRD/interviewer di akhir pertanyaan dan terkadang bingung untuk menjawabnya. penjelasan yang menjelaskan bahwa diri Anda kurang nyaman di perusahaan sebelumnya karena kamu akan dinilai kurang loyal. kamu bisa menjawab pertanyaan dengan pernyataan positif yang menggambarkan bahwa pribadi kamu adalah pekerja keras, royal, dan mau belajar. Kamu juga bisa menambahkan pengalaman yang relevan dengan posisi lamaran kamu.

4. Berapa Gaji yang Anda Inginkan?
Pertanyaan jebakan selanjutnya adalah berapa gaji yang Anda inginkan? sebagian orang pasti akan bingung menjawabnya. Jika terlalu tinggi nanti akan dikira angkuh, tetapi jika kurang sulit untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa menegoisasi gaji sesuai dengan keterampilan yang dimiliki serta pengalaman di pekerjaan sebelumnya.

5. Apakah Ada Pertanyaan?
Terakhir, tidak semua wawancara menjelaskan manfaat yang akan kamu terima dari perusahaan. Oleh karena itu, kamu bisa menanyakannya ketika HRD/pewawancara bertanya terkait apakah ada pertanyaan? Namun, hindari pertanyaan yang terlalu blak-blakan. Kamu bisa menanyakan gaji dengan benefit apa saja yang kamu dapatkan selama bekerja di perusahaan yang dilamar? Kamu juga bisa bertanya posisi yang kamu dilamar menerima orang dengan kriteria apa? Apa saja tanggung jawab kamu selama bekerja.

Nah, itu dia cara menjawab interview jebakan secara cerdas! Bagaimana sudah tidak bingung lagi? Kamu hanya perlu melatih jawaban mulai dari sekarang! Selain itu, kamu bisa mengikuti kelas online yang diadakan Luarsekolah untuk mengasah keterampilanmu di dunia kerja!




Artikel Lain :
Hubungi Kami