Coffee Mastership Class

Luarsekolah

Kreator di Luarsekolah

Coffee Mastership Class merupakan salah satu kelas offline di Luarsekolah.com yang bertujuan untuk memberi arahan bagi para calon pengusaha kopi agar dapat survive dan dapat mengembangkan bisnis kopinya sesuai arahan dari pebisnis kopi yang berpengalaman. Coffee Mastership Class Batch 1 dilaksanakan pada tanggal 29 dan 30 September 2018. Kelas ini diikuti oleh enam peserta yang memiliki latar belakang beragam.


Di hari pertama, kelas diadakan di Malabar Mountain Coffee, Pangalengan, Kab.Bandung dengan mengusung konsep back to nature. Selama kegiatan berlangsung, peserta dibimbing oleh Muhammad Irwan (Manajer Pabrik Malabar Mountain Coffee) dan tim. Para peserta diajak untuk melihat perkebunan kopi arabika, diberi edukasi mengenai beragam jenis kopi di Indonesia, dan cara memilih kopi berkualitas sesuai dengan pengalaman para ahli. Para peserta juga belajar cara memproses kopi dengan berbagai metode (natural, honey, fullywash dan semiwash), grade kopi, huller, sortasi kopi, brewing (penyeduhan kopi), cupping (cita rasa kopi arabika), dan diakhiri dengan sesi diskusi.


Pada hari kedua, kelas ini diadakan di Hotel Amaris Setiabudhi, Bandung. Terdapat dua sesi; sesi pertama adalah pematerian mengenai “Indonesia’s Coffee Market” yang disampaikan oleh Tansri Putra dan Ahmadi Bahzar (Coffee Consultant @industrikopi). Para peserta diberikan ilustrasi mengenai perkembangan market kopi di Indonesia dan cara  menempatkan serta memasang target market perusahaan kedai kopi agar dapat bersaing di Indonesia. Sesi kedua adalah pematerian mengenai “How to brand your own Coffee Shop” yang disampaikan oleh Alby R.Padmakusumah (Co-Founder & Managing Director POT Branding House). Para peserta diberikan edukasi untuk membangun brand kopi yang tepat sesuai dengan perkembangan brand kopi di Indonesia. Agenda Coffee Mastership Class diakhiri dengan sesi foto bersama dan sesi “graduation” dengan penyerahan sertifikat kepada peserta.

(ls/dde)