Kiat Produktif dan Tetap Fokus Saat Puasa

Luarsekolah

Oleh : Ester Monica

Ramadhan tentunya menjadi salah satu momen paling dinantikan. Sebelum merayakan Ramadhan, Umat Muslim akan melakukan puasa. Sebagian orang pasti merasa bahwa produktif saat puasa merupakan hal yang sulit. Ditambah dengan pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk tetap berenergi. Sehingga tidak jarang puasa membuat produktivitas berkurang dan kehilangan fokus. Walaupun begitu, puasa merupakan suatu kewajiban. Jadi jangan digunakan sebagai alasan untuk malas-malasan. Bagaimana caranya agar tetap produktif dan tetap fokus saat puasa. Simak sampai habis ya!

1. Buat To Do List
To do list membuat kamu tahu daftar pekerjaan yang ingin kamu lakukan di hari tersebut. Jadi saat kamu kehilangan fokus, kamu bisa langsung cek to do list yang sudah kamu susun sebelumnya. Terlihat sepele, tapi hal ini membantu kamu untuk keep on track dengan pekerjaan kamu loh dan yang pasti buat hari kamu lebih produktif. Biasakan membuat to do list di pagi hari, sebelum kamu beraktivitas. Buat daftar list aktivitas mulai dari pukul 08.30-18.00.

© Pexels.com

2. Konsumsi Makan Bergizi Seimbang
Agar tubuh kamu dapat bertenaga dan bekerja secara maksimal, kamu wajib mengkonsumsi makanan bergizi yang seimbang. Pilihlah jenis makanan yang mengandung karbohidrat sekaligus protein. Seperti nasi, daging ayam, telur, atau tahu dan tempe. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air yang cukup. Pastikan setiap hari kamu sudah memenuhi kebutuhan air yang dibutuhkan tubuh kamu. Sehingga kamu tidak akan dehidrasi selama puasa. Minum air sesuai takarannya ya, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.


3. Berolahraga
Olahraga ringan saja, tidak perlu yang berat. Misalnya workout 20-30 menit atau kamu juga bisa melakukan yoga ringan. Sesuaikan dengan kemampuan kamu. Jangan terlalu dipaksakan karena bagaimanapun olahraga akan menguras energi kamu. Tapi apabila kamu sudah biasa melakukannya, maka hal ini bukanlah tantangan yang cukup berat. Karena tubuh sudah terbiasa.

4. Tidur yang Cukup
Pastikan kamu tidak scroll sosial media sebelum tidur. Jika kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup, rasa ngantuk akan menghantui kamu selama bekerja. Sehingga membuat kamu bermalas-malasan dan kurang fokus. Oleh karena itu pastikan waktu tidur kamu 6-8 jam ya. Ingat tubuhmu perlu istirahat. Tidur lebih berkualitas apabila kamu menjauh dari perangkat elektronik.

© Pexels.com

5. Prioritaskan Pekerjaan dari yang Terberat
Menjelang siang secara alami tubuh akan semakin lelah. Jadi alangkah lebih baik kamu memprioritaskan pekerjaan dari yang terberat dulu. Seperti saat tiba di kantor, cobalah untuk memulai pekerjaan berat yang sudah ada di daftar to do list milikmu. Manusia pada umumnya akan lebih fokus pada pagi hari, karena energi yang dimiliki masih penuh.

6. Hindari Lembur
Saat puasa hindarilah lembur. Segera tuntaskan pekerjaan kamu selagi bekerja. Maka dari itu jangan menunda-nunda suatu pekerjaan. Karena bisa mengakibatkan pekerjaan yang seharusnya sudah selesai menjadi molor. Hal ini bahkan akan membuat kamu super cape dan membuat kamu tidak bisa manajemen waktu dengan baik. Jadi segera selesaikan ya pekerjaanmu.

7. Jangan Pernah Lewatkan Buka Puasa dan Sahur
Saat puasa tubuh hanya mengandalkan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. Jadi pastikan kamu tidak pernah melewatkan keduanya. Saat melewatkan buka puasa atau sahur, tubuh kamu akan lemah dan hal ini juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Jangan lupa juga untuk konsumsi vitamin dan buah-buahan.

8. Menjauh dari Si Toxic
Orang toxic atau orang yang membawa negative vibes, itu mempengaruhi mood dan energi kamu loh. Kamu wajib memberi batasan dengan orang seperti ini. Orang yang pekerjaannya hanya berkomentar negatif dan menyebarkan gosip patut kamu hindari, agar ibadah puasa juga jadi lebih bermakna. Bukan hanya saat puasa, tapi hari-hari biasa akan lebih baik apabila kamu memasang batasan kuat untuk orang yang seperti ini.

9. Belajar Hal Baru
Saat puasa kamu juga bisa sambil mempelajari hal baru yang tentunya memberikan ilmu yang bermanfaat. Salah satu ilmu yang bisa kamu pelajari adalah tentang teknologi finansial yang merupakan gabungan dari jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi modern.
Teknologi finansial ini bisa terjadi seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dan didominasi dengan teknologi yang membuat transaksi manusia menjadi lebih efisien. Untuk kamu yang mau belajar tentang teknologi finansial beserta produknya bisa kunjungi Cashlez ya. Perusahaan ini memudahkan transaksi para pemilik usaha untuk bisa memonitor semua transaksi penjualan sebuah merchant secara real time. Jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan transaksi lebih mudah dengan layanan yang disediakan perusahaan ini.




Artikel Lain :
Hubungi Kami