Lima Cara Invesitasi Ini Bikin Kamu Jauh dari Kata Rugi!

Luarsekolah

Oleh : Alya Nurfakhira Zahra

Trend investasi sedang marak di kalangan dewasa muda. Banyak yang melakukan investasi karena mudah dan bisa cepat kaya. Namun, dalam melaksanakannya tidak semua orang tahu cara melakukan investasi. Alhasil banyak orang di antaranya mengalami kerugian dan terlilit banyak hutang. Maka dari itu, yuk intip lima cara investasi berikut yang bikin kamu jauh dari kata rugi! dijamin kamu tidak akan mengalami boncos lagi nih

1) Menentukan Tujuan yang Jelas

Sebelum melakukan investasi, kamu harus menentukan tujuan yang jelas. Apa yang akan kamu lakukan dengan uang yang dihasilkan? Mengapa memutuskan untuk melakukan investasi? Di mana saja kamu akan melakukan investasi? Tanpa memiliki tujuan yang jelas, Anda akan kesulitan menentukan arah ke tersedia.

Kamu juga perlu menentukan jangka waktu dalam menentukan investasi karena mengetahui jangka waktu berapa lama berperan penting dalam keberhasilan investasi selain instrumen investasi apa saja yang perlu diperhatikan.

2) Melakukan Riset Terhadap Produk Investasi

Sebelum menentukan produk investasi yang dipilih, kamu perlu melakukan riset untuk mengindari investasi bodong yang menyebabkan kerugian. Kamu bisa memilih produk atau tempat yang sudah memiliki surat izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Selain itu, kamu juga harus mencari tahu keadaan ekonomi saat ini dan tempat yang akan kamu lakukan investasi. Apakah pergerakan sahamnya stabil, fluktuatif atau mengalami penurunan. Jangan mudah tergiurkan dengan produk yang memiliki return tinggi jika kamu belum bisa memahami kondisi ekonomi yang sedang terjadi.

3) Jenis Instrumen Investasi

Hal berikut yang perlu dipersiapkan ketika terjun ke dunia investasi adalah mempelajari jenis instrumen investasi. Khususnya bagi pemula yang masih belum mengenal secara jauh tentang instrumen investasi yang perlu diperhatikan. jenis instrumen investasi juga dapat menghindarimu dari kerugian/investasi bodong.

Banyak pilihan instrumen investasi yang dapat kamu pilih seperti saham, reksa dana, obligasi, pasar uang, dan lain sebagainya. Kamu juga perlu menanyakan profil risiko, tingkat keamanan, likuiditas, dan jumlah uang yang diperlukan.

4) Menentukan Jangka Waktu Investasi

Sesuai yang dikatakan sebelumnya bahwa menentukan jangka waktu investasi dapat memengaruhi keberhasilan. Jika melakukan investasi untuk dana pensiun maka waktu yang dibutuhkan lebih dari lima tahun. Selain itu, jika kamu melakukan investasi dalam rentang waktu yang lama maka peluang keberhasilan jauh lebih besar.

5) Mengalokasi Dana sesuai Kebutuhan

Setelah menentukan tujuan, melakukan riset, memahami instrumen investasi, dan memilih jangka waktu yang tepat maka selanjutnya adalah mengalokasikan dana sesuai kebutuhan. keuntungan penggunaan data karena kamu tidak memiliki dana darurat. Perhatikan juga kebutuhan lain, hutan, dan cashflow.




Artikel Lain :
Hubungi Kami