Manfaat Personal Branding, Ini 3 Hal yang Paling Penting

Luarsekolah

Kreator di Luarsekolah

Manfaat Personal Branding - Pernah mendengar kata brand? Bagi kamu yang akrab dengan dunia marketing mungkin hal ini bukan sesuatu yang aneh lagi. Brand sendiri bermakna nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang, jasa atau kelompok penjual dan tujuan lainnya adalah membedakan dari produk atau jasa lainnya (Kotler, 2009:332). Sedangkan brading secara sederhana adalah kegiatan yang dilakukan untuk membedakan produk atau jasa dengan kompetitor.

Tetapi tahukah kamu bahwa bukan hanya produk atau jasa saja yang bisa dan butuh di branding, individu atau personal pun bisa dibangun brandingnya. Ya, kamu pun bisa memiliki personal branding sendiri. Tujuannya? Baik branding untuk produk, jasa, atau individu ialah untuk membuat citra pada masyarakat atau secara spesifik pada konsumennya. Tak hanya untuk membedakan dari kompetitor, branding juga berfungsi agar produk, jasa, atau individu selalu ada dalam ingatan konsumennya.

Namun, kali ini mari lebih jauh membahas soal personal branding dan manfaat personal branding itu sendiri. Personal branding perlu dibentuk atau dibangun salah satunya untuk membuat identitas kamu makin kuat. Manfaat personal branding sendiri apa sebenarnya? Berikut tiga manfaat yang bisa kamu dapat jika membangun personal branding mu sendiri.

Identitas Diri Makin Jelas

Dengan membangun personal branding sendiri, kamu sudah menentukan identitas diri kamu pada dunia. Dengan personal branding yang kamu buat, kamu menjadi lebih mudah diingat dan dikenali. Misalnya saja jika kamu sering menampilkan diri kamu sebagai orang yang senang berlibur dan sering membagikan konten yang berkaitan dengan liburan, secara tidak sadar kamu membangun diri kamu sebagai traveler.

Baik brand atau audiens mu bisa dengan mudah mengenali kamu dari konten-konten yang sering kamu bagikan. Semakin kuat branding yang kamu buat, orang akan semakin ingat dengan diri kamu kamu dan juga kemampuan yang kamu miliki.

Meningkatkan Nilai dan Kepercayaan Diri

Memiliki personal branding yang kuat tentu akan membuat nilai kamu lebih di mata orang lain. Selain itu, kepercayaan kamu pun bisa semakin meningkat karena kamu tahu siapa diri kamu dan juga kemampuan yang kamu mililiki.

Manfaat personal branding seperti meningkatkan nilai dan kepercayaan diri tentu akan berpengaruh pada karir mu saat ini. Meski memang bukan jaminan, tetapi biasanya kamu akan lebih mudah dikenal dan lebih banyak orang yang mengenal kamu tanpa perlu kamu memperkenalkan diri mu sendiri.

Membuat Orang Lebih Mudah Percaya

Manfaat personal branding lainnya ialah kamu lebih mudah dipercaya jika berkaitan dengan personal branding yang sudah kamu bangun. Misalnya, jika kamu sudah membangun personal branding sebagai traveler kamu akan dengan mudah dimintai saran karena orang sudah percaya pada kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki.

Tawaran kerja pun bisa lebih mudah datang karena kamu sudah dipercaya karena personal branding mu yang kuat dan juga kemampuan yang memang sudah kamu buktikan. Orang tidak akan segan untuk bertanya padamu untuk meminta saran atau menawarkan pekerjaan karena personal branding yang sudah kamu bangun. Karena kamu terpercaya, kredibilitasmu pun tentu tidak perlu diragukan lagi.

Kamu sendiri sudahkah mulai membangun personal branding mu untuk kesuksesan karirmu kedepan? Setidaknya jika belum kamu sudah mengetahui sejumlah manfaat personal branding itu sendiri. Jika kamu berencana membangun bisnis, tidak ada salahnya juga jika kamu sudah membangun personal branding lebih dahulu sebelum bisnis berjalan. Tak sedikit juga orang-orang yang sudah sukses membangun personal branding dan bisnisnya pun cukup melekat di masyarakat karena personal branding yang lebih dulu dibangun cukup kuat. Beberapa diantaranya ialah Gary Vaynerchuk di bidang online marketing dan juga Neil Patel dalam bidang SEO. Kamu sendiri sudah kepikiran untuk membangun personal brandingmu menjadi apa?

(Photo by Icons8 team on Unsplash)