Membangun Personal Boundaries Tidak Selalu Berakhir Buruk

Luarsekolah

Oleh : Alya Nurfakhira Zahra

Adakalanya kamus seorang teman atau keluarga yang suka terlalu ikut campur urusan pribadi. Hal tersebut membuatmu merasa tidak nyaman dan terkesan diatur. Maka dari itu, membangun batas-batas pribadi tidak selalu berakhir buruk. Keadaan kesehatan mental akan lebih terjaga sehingga kehidupanmu akan memberikan kesejahteraan.

Membangun batas-batas pribadi dilakukan dengan menciptakan ruang dan jarak untuk orang lain bagaikan sebuah rumah yang kamu diami, kemudian tidak semudah itu untuk kamu membuka pintu bagi orang lain. Jika kamu membuka pintu terlalu mudah maka kamu akan kesulitan memiliki privasi.

Apa itu Batas Pribadi?
Pasti tidak semua orang mengenal istilah batasan pribadi yang sedang marak diperbincangkan. Batasan pribadi atau batasan diri adalah sebuah batasan, pendoman, atau aturan yang dibuat orang lain dalam mengindetifikasi cara yang masuk akal, aman, dan diizinkan untuk berperilaku terhadap mereka. Secara sederhana batasan pribadi adalah bentuk seseorang untuk menolak, dan berani mengatakan suka ataupun tidak.

Membangun Batas Pribadi Tidaklah Selalu Buruk

1. Bersikap Tegas kepada orang lain
Tidak semua orang dapat bersikap tegas kepada orang lain apalagi mengatakan tidak, tetapi Anda harus mulai tidak dan tegas jika tidak menyukai perilaku orang tersebut. Dengan menolak, kamu juga akan terhindar dari perasaan ketidaknyaman. Keadaan kesehatan mental kamu juga lebih baik.

2. Belajar Memahami Diri Sendiri
Sebelum membangun batasan pribadi, Anda perlu memahami diri sendiri terlebih dahulu. Kamu harus mengetahui kekurangan dan kelebihanmu. Apa yang tidak kamu sukai dan kamu sukai. Maka dari itu, kamu bisa membuat ruang dengan orang lain

3. Membuat Batasan Diri
Membuat batasan diri kepada orang lain terhadap apa yang tidak disukai bukanlah hal buruk, tetapi tidak semua orang bisa melakukannya. Orang yang sulit menolak orang lain akan lebih sulit membuat batasan diri. Membuat batasan diri, kamu juga perlu mengkomunikasikannya kepada orang lain. Kita tidak bisa membuat semua orang lain untuk menyukai dan menerima kita.

4. Berani Berkata Tidak
Terakhir dalam membangun batasan pribadi kepada orang lain kamu harus memberanikan diri berkata tidak. Katakan tidak pada hal yang tidak kamu sukai. Berkata tidak dapat terhindar dari perasaan tidak nyaman dan situasi yang sulit. Kamu bisa berlatih mengatakan tidak apabila kamu orang yang tidak enakan.

Dari semua langkah membangun batas pribadi tidak selalu berakhir buruk, mana nih yang sudah kamu ikuti? Mulai membangun batas pribadi untuk menjaga kesehatan mental jadi lebih baik.



Artikel Lain :
Hubungi Kami