Mengenal Cyber Security: Cara Mengamankan Datamu di Internet

Luarsekolah

Oleh : Amatullah Asma Ashilah

Siapa yang beberapa waktu lalu ikutan tren di Instagram yang membagikan nama panggilan atau tanda tangan dengan fitur “add yours”? SobatLS yang sempat ikut, sekarang harus lebih berhati-hati, ya! Data yang kamu bagikan bisa saja disalahgunakan dan kamu bisa mengalami cyber crime atau kejahatan dunia maya.
Supaya kamu nggak terkena cyber crime, penting banget, nih, buat mempelajari cyber security! Hmm… apa itu cyber security? Yuk, simak artikel ini sampai akhir!

Mengenal Cyber Security

Cyber security diartikan sebagai keamanan siber/dunia maya. Menurut CISCO, cyber security adalah usaha untuk mengamankan sistem, jaringan, dan program dari serangan digital.

Mengapa Cyber Security Penting?

Serangan cyber bisa membahayakan siapa saja. Pada tingkat individu, cyber crime dapat mengakibatkan pencurian identitas, tindak pemerasan, dan hilangnya data penting. Selain itu, fasilitas umum seperti pelayanan kesehatan, jasa keuangan, atau pemerintahan juga sangat memerlukan cyber security agar dapat berfungsi optimal dalam melayani masyarakat luas.

Konsep Cyber Security

Ben Dynkin, Co-Founder & CEO of Atlas Cybersecurity, menjelaskan bahwa praktik keamanan siber merujuk pada kepastian tiga aspek yaitu:

1. Confidentiality (Kerahasiaan)
SobatLS pasti tidak asing dengan two-factor authentication, kan? Biasanya cara ini digunakan saat kamu harus melalui dua tahap autentikasi, seperti dengan password dan kode OTP yang dikirim ke perangkatmu. Metode tersebut adalah salah satu cara untuk menjaga confidentiality atau kerahasiaan data yang kamu miliki, sehingga tidak sembarang orang dapat mengakses datamu.

2. Integrity (Integritas)
Integritas dalam dunia siber artinya data yang diberikan akurat dan dapat dipercaya. Misalnya kamu melakukan pembelian online, maka terdapat data tentang apa yang kamu beli, informasi penjual, dan memungkinkan kamu untuk menghubungi pihak yang terkait dengan transaksimu.

3. Availability (Ketersediaan)
Apa yang kamu rasakan jika sedang menggunakan suatu aplikasi, tapi aplikasinya sering down dan sulit digunakan? Mungkin kamu akan merasa ragu dan tidak percaya dengan aplikasi dan lembaga tersebut. Maka, aspek ketersediaan data diperlukan agar konsumen dapat mengakses datanya kapan pun dan merasa aman.

Nah, untuk kalian Sobat LS yang sering khawatir akan keamanan datanya dan ingin tau bagaimana data kalian bisa bocor, yuk kita cari tahu bersama agar data-data pribadi kita bisa lebih aman!

Kali ini Luarsekolah bersama Arisan Security menghadirkan webinar dengan materi berjudul "Hackers Vs. Data Privacy" bersama Kak Dhimas Wiharjo, Reseller and Configuration Product at Product Microsoft Azure
Acara ini akan diselenggarakan pada:

Hari: Jumat, 17 Desember 2021
Pukul: 19.00 – 21.00 WIB
Tempat: Zoom Webinar
!!FREE REGISTRATION!!

Selain mendapatkan wawasan, benefit yang bisa kamu dapatkan antara lain yakni:
- E-Certificate, materi, dan rekaman webinar
- Sesi QnA
- E-wallet senilai Rp 200.000 untuk 4 orang beruntung

Daftar sekarang di sini, ya!



Artikel Lain :
Hubungi Kami