Pengorbanan yang Harus Kamu Lakukan Jika Ingin Bekerja Sesuai Passion

Luarsekolah

Kreator di Luarsekolah

Bertahan dalam pekerjaan yang tidak kamu sukai demi bertahan hidup memang menyakitkan. Apalagi membayangkan masa tuamu nanti di umur 30-an atau 40-an. “Masa sih sampai tua aku masih ngerjain sesuatu yang aku gak suka?” “Masa sih sampai umur segitu aku masih belum bisa kerja sesuai passion?”

Realitanya memang begitu. Manusia bekerja untuk bertahan hidup. Untuk mendapatkan gaji yang stabil agar bisa menghidupi diri dan keluarga. Bahkan ada yang harus menanggung biaya hidup orang tua yang sudah tidak kuat bekerja.

Tapi tetap dalam hati kamu optimis, merasa suatu hari kamu bisa bekerja, bahkan menjadi kaya, dengan pekerjaan yang kamu sukai.

Kalau begitu ceritanya, berarti kamu harus siap berkorban untuk menjadikan impian itu sebuah kenyataan.

Ini 4 pengorbanan yang harus kamu lakukan jika ingin bekerja sesuai passion.

1. Kuat Bekerja Sampai Malam

Kalau kamu punya pekerjaan tetap, maka kamu cuma punya waktu kosong di malam hari, tepat setelah pulang kerja. Itulah waktu yang harus kamu manfaatkan untuk mengejar passion.

Artinya, kamu tidak akan sempat lagi nongkrong dengan teman-teman. Kamu tidak sempat lagi nonton ke bioskop sama pacar. Kamu tidak sempat lagi rebahan nonton YouTube. Kalau kamu tidak rela mengorbankan semua itu berarti kamu belum seniat itu mengejar passion.

2. Siap Ditolak Berkali-kali

Mencari pekerjaan yang sesuai passion sebenarnya sama dengan mencari pekerjaan di bidang apa pun: sama-sama sulit. Lebih sulit malah. Soalnya pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu jumlahnya lebih sedikit.

Dan penolakan akan terasa lebih menyakitkan. Karena semakin tinggi kamu berharap maka akan semakin sakit juga ketika jatuh. Tapi kamu harus siap dengan semua penolakan itu. Kalau ujung-ujungnya kamu berhasil mendapatkan pekerjaan yang sesuai, semua pengorbananmu tetap worth it, kan?

3. Rela Bekerja Tanpa Bayaran

Ini pengorbanan wajib untuk kamu yang punya passion di bidang kreatif, baik design maupun penulisan, atau apa pun deh. Kamu harus siap bekerja tanpa bayaran demi mengasah skill dan mengumpulkan portfolio.

Sampai kapan kamu harus bekerja tanpa mengharapkan bayaran? Sampai kamu pantas untuk dibayar dong. Artinya, sampai kamu punya skill dan pengalaman yang memenuhi kriteria. Bisa 1 tahun. Bisa  juga 5 tahun. Bersiap-siaplah untuk tidak dibayar selama itu.

4. Ikhlas Dibayar Murah… Setidaknya di Awal

Semua orang sukses yang kamu tahu dulu pernah ada di posisi di mana mereka dibayar murah kok. Tidak mungkin ada designer atau penulis atau videographer yang langsung dibayar ratusan juta.

Seiring berjalannya waktu, sambil kamu menaikkan skill-mu, bayaran yang lebih tinggi akan datang dengan sendirinya. Kalau kamu memang sejago itu, pasti ada aja kok orang yang nyariin. Tapi ya ingat, untuk mencapai titik itu kamu harus rela dulu dibayar dengan recehan.

***

Terimakasih sudah membaca artikel ini! Kalau kamu ingin menambah pengetahuan tentang Career Planning kamu bisa klik link ini: https://www.luarsekolah.com/kelas/online/kerja-sesuai-passion-dengan-career-planning2



Written By
Lui Anbar Rhainata