Skill Wajib Yang Kamu Miliki Tahun 2025, Apa Aja Ya?

Luarsekolah

Oleh : Alya Nurfakhira Zahra

Setiap persaingan dunia pekerjaan semakin menyempit. Banyak orang mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Di sisi lain, kebutuhan skill di lapangan kerja terus meningkat. Menyikut pun sulit untuk dihindari demi mendapatkan pekerjaan.

World Economic Forum melansir pernyataan bahwa terdapat dukungan dasar di pasar dunia saat ini menjadi penghambat utama aktivitas perusahaan dalam mengadopsi teknologi untuk menjalankan bisnisnya.Selain itu, minimnya para peserta yang mengambil kesempatan untuk meningkatkan keterampilan melalui pelatihan.

Nah, dengan demikian ini dia skill wajib yang kamu miliki tahun 2025! Melalui skill ini kamu akan dijamin dapat bertahan dalam kerasnya tekanan dunia kerja.

1. Pemikiran Analisis dan Inovasi
Industri kreatif khususnya di Indonesia terus mengalami perubahan ke arah yang lebih baik setiap tahunnya. Kebutuhan mencari kontributor dengan pemikiran kreatif pun semakin meningkat. Oleh karena itu, kemampuan dalam memberikan gagasan serta menciptakan inovasi yang sangat dibutuhkan. Belum lagi persaingan yang semakin ketat sehingga dibutuhkan seseorang dengan pemikiran dan analisis yang cepat untuk menyelesaikan suatu permasalahan serta mengambil keputusan yang bijak.

2. Pembelajaran Aktif dan Strategi Pembelajaran
Perubahan dalam dunia kerja yang sulit diprediksi menekan para karyawan untuk memiliki keinginan belajar. belajar inilah yang membuat kamu akan dengan mudah beradaptasi. Selain itu, kamu juga harus bisa memahami serta mempelajari strategi untuk mempertahankannya.

3. Pemecahan Masalah Kompleks dan Berpikir Kritis
Keterampilan dalam memecahkan masalah yang dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini. Seseorang yang dapat memecah masalah dalam setiap situasi penting karena dapat mendorong perusahaan untuk terus berkembang serta memberikan yang terbaik. Di sisi lain, perusahaan juga tidak akan tertinggal dan memiliki pola pikir untuk terus bergerak maju. Namun, dalam membuat keputusan tidak bisa dilakukan tanpa dasar yang jelas. Maka dari itu, critical thinking juga turut berperan dalam memberikan analisis mendasar dalam pengambilan keputusan mendesak.
 
4. Kreativitas dan Inisiatif
Dalam industri kerja yang sangat dibutuhkan untuk memperlancar proses kerja. Selain itu, peminat dunia kreatif yang meningkat juga mendorong para calon karyawan untuk memiliki kreativitas.

5. Pengelolaan Stres dan Fleksibel
Terakhir adalah memiliki manajemen stres yang baik karena tekanan dunia kerja yang semakin keras. Selain itu, apabila kamu kerja di start up, kamu akan memiliki waktu kerja yang fleksibel sehingga kamu mudah untuk selalu siap.

Kamu juga bisa mempersipkan skill yang dibutuhkan pada tahun 2025 dengan mengikuti kelas di Luarsekolah!Bagi yang membeli kelas seharga Rp700.000, kamu akan mendapatkan Koin LS dari Luarsekolah. Yuk langsung aja daftar kelasnya di sini #SampaiJadiBisa




Artikel Lain :
Hubungi Kami