Skill yang Wajib Kamu Miliki Ketika Menjadi Humas Profesional

Luarsekolah

Oleh : Alya Nurfakhira Zahra

Pekerjaan sebagai humas mengharuskanmu terbiasa bertemu dengan orang lain. Oleh karena itu, seorang harus memiliki keterampilan khusus ketika berhadapan dengan orang lain. Apalagi setiap orang memiliki karakter yang berbeda sehingga membutuhkan pendekatan yang berbeda pula. Selain itu, pekerjaan humas juga menduduki peringkat yang cukup tinggi dengan jumlah peminat yang banyak.

Laporan The Report Business Research Company, pasar global mengalami peningkatan 10,2% pada tahun 2021. Akibat dari persaingan yang semakin tinggi, seorang humas juga harus fleksibel, cekatan dan piawai dalam mengambil keputusan mendesak. Maka dari itu, yuk simak skill apa saja yang wajib dimiliki ketika kamu menjadi seorang humas di bawah ini!

1. Berbicara di depan umum
Sebagai seorang humas yang sering berhadapan dengan banyak orang maka skill utama yang dibutuhkan adalah public speaking . Tidak semua orang memiliki keberanian ketika berbicara di hadapan orang, tetapi orang yang sudah memiliki banyak dan memiliki keterampilan berbicara di depan umum yang bagus akan lebih berani berbicara di hadapan orang. Selain itu, kutipan yang disampaikan juga akan lebih diharapkan dan tidak kaku. Jangan lupa kamu wajib memiliki keterampilan untuk persuasi, negosiasi, dan presentasi.

2. Memiliki Kemampuan Membangun Relasi
Selain sering berhadapan dengan banyak orang, seorang humas juga memiliki hubungan untuk kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan opini positif untuk membangun citra yang bagus demi terciptanya hubungan relasi yang baik. Dalam membangun opini positif di masyarakat, seorang manusia membutuhkan media sebagai perantara. Media dapat digunakan sebagai alat kontrol masyarakat, seperti ketika perusahaan terlibat dalam masalah, humas melakukan klarifikasi melalui media untuk meredakan opini publik yang menyerang masyarakat.

3. Dapat Mengambil Keputusan di Situasi Darurat
Ada kala di mana perusahaan terlibat dalam masalah dan seorang humas harus siap membuat keputusan dalam situasi darurat. Kamu harus memiliki kemampuan dalam mengatur strategi dan menyusun skenario yang digunakan perusahaan ketika menghadapi media. Biasanya humas sebagai juru bicara untuk mengklarifikasi berita negatif atau hoaks yang menyebar.

4. Keterampilan Menulis dan Manajemen Waktu
Terakhir, seorang humas harus memastikan informasi tersampaikan dengan baik kepada publik demi menghindari kesalahan persepsi. Maka dari itu, seorang humas harus memiliki keterampilan untuk membuat pers release yang akan melalui situs web perusahaan, media sosial, dan pemberitaan.

Di sisi lain, seorang humas juga harus memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik karena kamu akan melibatkan banyak waktu perusahaan sehingga apabila memiliki manajemen yang buruk maka kemungkinan kamu akan lebih mudah stres.

Dari semua skill yang sudah disebutkan mana nih keterampilan yang sudah kamu kuasai? Namun, kamu tidak perlu khawatir jika tidak ada satu pun skill yang kamu miliki karena Luarsekolah membuka kelas khusus untuk kamu yang memiliki keinginan sebagai seorang humas profesional! Kamu bisa mengikuti kelasnya di sini

Setiap pembelian kelas untuk 700ribu di Bukalapak kamu juga akan mendapatkan koin Luarsekolah sebesar 100ribu jadi tunggu apalagi?




Artikel Lain :
Hubungi Kami