4 Keunggulan Bisnis Mainan Anak

Luarsekolah

Oleh : Creator di Luarsekolah

Buka usaha bisa dilakukan oleh siapapun, tergantung bagaimana seseorang melihat dan membaca peluang yang ada di sekitar kita. Potensi tersebut bisa berupa kesempatan untuk mendapatkan dan menggunakan modal untuk berjualan. Ada beragam ide bisnis untuk memulai usaha, mulai dari kuliner, properti, hingga jasa---masing-masing bidang usaha memiliki potensi yang menguntungkan. Namun, jika Anda berminat membuka usaha dengan ide bisnis yang unik dan profitable, tidak ada salahnya untuk mencoba jualan mainan anak.

Lantas, apa saja keunggulan buka usaha dengan ide bisnis jualan mainan anak?

1. Ide Bisnis dengan Prospek yang Menguntungkan

Mainan anak adalah ide bisnis yang sudah jelas targetnya. Apalagi di zaman yang serba berkembang ini, mainan anak mulai beragam jenisnya. Anak-anak mulai memiliki kecenderungan memilih mainan favoritnya, dan tidak jarang kondisi tersebut menyebabkan tingginya permintaan terhadap mainan anak.

Mau tau ide bisnis online dengan peluang menjanjikan? Klik di sini!


2. Penyimpanan Barang yang Cenderung Mudah

Tidak seperti makanan yang terbatas waktu penyimpanan, mainan anak adalah barang yang tahan lama. Anda tidak membutuhkan target waktu yang tergesa-gesa untuk memasarkan produk tersebut. Selain itu, mainan anak juga menyediakan pilihan produk yang beragam. Anda bisa memilih menjual jenis mainan khusus, seperti: mainan anak perempuan, mainan edukasi, atau mainan remote control.


3. Bisa Didistribusikan Secara Online

Keuntungan lainnya saat buka usaha mainan anak adalah Anda bisa mendistribusikannya secara online. Gunakan e-commerce dan media sosial sebagai alat menjual produk yang Anda pasarkan. Selain itu, berjualan secara online sangat membantu para pengusaha di tengah-tengah pandemi. Berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari berjualan online di antaranya adalah jangkauan wilayah yang luas, hemat pembiayaan tempat usaha, tidak membutuhkan banyak tenaga kerja, produk yang fleksibel serta memudahkan komunikasi antara seller dan buyer.


4. Berpeluang Membuka Lapangan Pekerjaan

Jualan mainan anak turut membuka peluang lapangan pekerjaan apabila bisnis berjalan dengan pesat. Anda akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja. Tidak hanya itu, saat membuka usaha sendiri semua keuntungan mutlak jadi milik Anda sendiri. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membuka usaha dengan ide bisnis jualan mainan anak? Berikut hal-hal yang harus dipersiapkan.


Cara Memulai Buka Usaha Mainan Anak

Setelah melalui berbagai pertimbangan dan memutuskan untuk menjual mainan anak, berikut cara memulai buka usaha mainan anak:
1. Pilih nama brand yang sesuai dengan produk mainan anak
Mainan anak erat kaitannya dengan sesuatu yang imut, lucu, dan kekanak-kanakan. Memiliki nama brand pada produk sendiri berfungsi sebagai cara untuk meningkatkan penjualan sebuah produk.. Dengan meningkatkan brand awareness, calon pembeli akan menyadari keberadaan usaha yang kita jalankan.

2. Lakukan riset terhadap industri mainan dan para kompetitor
Industri mainan anak termasuk cepat sekali perubahannya. Itulah sebabnya penting melakukan riset sebelum membuka usaha mainan anak. Dalam waktu singkat akan muncul berbagai desain baru beserta dengan tingkat popularitasnya. Dengan rutin melakukan riset terhadap keluaran mainan terbaru, Anda bisa menjadi salah satu distributor yang paling dicari.

3. Miliki izin usaha
Di Indonesia izin usaha disebut dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan diatur secara resmi diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI. Tentu saja memiliki izin usaha adalah upaya untuk meningkatkan kredibilitas usaha yang Anda jalankan.

4. Tentukan Niche Market-nya
Dalam berjualan kita harus menentukan target konsumen dan pasarnya. Sedangkan niche market merujuk kepada target yang lebih spesifik. Untuk jualan mainan anak, Anda bisa memilih target pasar yang lebih detail, seperti rentan usia hingga jenis mainan.

5. Rencana pemasaran
Melakukan promosi adalah faktor utama yang harus diprioritaskan saat Anda menjalankan usaha. Tentukan apa saja yang akan dipersiapkan supaya pemasaran dapat berjalan dengan optimal, misalnya: menentukan media promosi, mengadakan give-away, atau memasang promo untuk menarik perhatian pembeli.


6. Investasi modal minimum
Persiapkan keseluruhan modal awal dengan menentukan berapa minimum investasi yang harus Anda keluarkan untuk buka usaha mainan anak. Jangan khawatir dengan kelanjutan pendanaan. Jika Anda membutuhkan bantuan modal usaha, Anda dapat menikmati fasilitas pendanaan di platform pendanaan UMKM digital.

Itulah ide bisnis usaha mainan anak yang bisa Anda coba. Tidak ada salahnya untuk membaca peluang di sekitar Anda dan mewujudkannya dalam bentuk usaha mandiri. Jika membutuhkan bantuan modal usaha, Anda dapat menggunakan Paylater Modalku Virtual Credit. Solusi cerdas bagi Anda yang membutuhkan fasilitas pinjaman berbentuk sejumlah dana oleh pendana yang dipakai untuk pembelian barang pada pemasok atau supplier. 




Artikel Lain :
Hubungi Kami