logols

6 Cara Menumbuhkan Karisma Seorang Pemimpin, yang Dicintai Tim

Oleh : Luarsekolah 3690

Pemimpin yang berkarisma tentunya tidak datang begitu saja. Biasanya karisma muncul ditunjang dengan jam terbang dan kemahiran seseorang dalam mengemban suatu tanggung jawab. Tim yang solid dan efektif juga lahir karena kepemimpinan seorang yang karismatik.

Tidak hanya diapresiasi dan dihormati tapi juga dianggap sebagai panutan. Tenang, hal ini bukan bawaan lahir kok, bisa ditumbuhkan dan dipelajari. Intip caranya dibawah ini ya!

1. Berbicara dengan Yakin dan Lugas


© Pexels.com

Pernah melihat pemimpin dunia berbicara diantara lautan manusia. Apa yang kamu amati? Cara bicaranya yang penuh keyakinan, lantang, atau sangat persuasif. Ya, memang benar, cara bicara tersebut lah yang menjadi poin penting kenapa seorang pemimpin bisa mempengaruhi orang lain.

Cobalah untuk latihan berbicara di depan cermin, rekam dirimu. Lalu lihat hasilnya. Apakah sudah baik atau masih banyak kekurangan. Jika sudah baik, tim yang kamu pimpin pasti tidak akan meragukan apa yang akan kamu sampaikan.


2. Bersikap Fleksibel


© Pexels.com

Kamu bisa memposisikan diri di situasi apapun. Di kantor kamu menjadi pemimpin, di luar kantor kantor kamu bersikap selayaknya rekan kerja. Jangan terlalu kaku, karena akan membuat tim-mu merasa canggung dan enggan berlama-lama denganmu.

Jadi label pemimpin di luar jam kerja itu, dilepaskan saja ya. Yang penting tidak mencampuri urusan pribadi rekan kerja.

3. Mampu Mengendalikan Emosi


© Pexels.com

Ketika berada di situasi yang membuatmu jengkel, kamu harus tetap bisa mengendalikan emosi. Jangan sampai mengeluarkan kalimat yang tidak senonoh atau memaki di depan orang lain. Berbicara kasar bisa menunjukkan karakter asli seseorang loh. Dan kredibilitas-mu sebagai pemimpin akan dipertanyakan.

Cukup bicara dengan tegas, profesional, dan jika bisa berikan solusi atas permasalahan yang sedang dialami oleh tim-mu. Sangat tidak disarankan untuk panik dan malah menyalahkan orang lain. Tegur lah ketika hendak bicara empat mata dengan orang tersebut.

4. Bersikap Adil dan Sejajar


© Pexels.com

Perlakukan semua orang dengan baik dan adil. Baik itu kepada junior, anak magang, orang asing, receptionist, atau siapapun yang kamu temui. Pemimpin yang berkarisma akan memperlakukan tim atau bawahannya selayaknya ia ingin diperlakukan.
Jangan terlalu menunjukkan senioritas, karena akan memunculkan rasa dendam orang lain kepada kamu.

5. Beri Reward


© Pexels.com

Jika tim-mu berhasil mencapai target perusahaan, jangan lupa berikan apresiasi. Bila perlu berikan reward. Tidak perlu yang mahal, cukup order food untuk makan siang tim. Percayalah, ini akan meningkatkan semangat dan kinerja mereka. Walaupun sederhana sikap ini menunjukkan bahwa kamu peduli terhadap jerih lelah yang sudah tim-mu keluarkan.

Coba lakukan hal ini, cukup sesekali. Pasti antusias kerja tim semakin tinggi.

6. Mampu Membaca Situasi


© Pexels.com

Peka terhadap sekeliling menjadi salah satu nilai tambah karisma pemimpin. Bisa membedakan waktunya berbicara dan waktunya mendengarkan. Mengendalikan situasi yang runyam dan mengambil keputusan yang tepat di saat yang genting. Kepekaan ini muncul dengan cara mengamati secara seksama lingkungan tempatmu bekerja. Dengan catatan jangan membuat orang merasa tidak nyaman.

Perlu selalu diingat bahwa, jangan pernah menyahut ketika kamu emosi, jangan pernah mengambil keputusan ketika kamu sedih, dan jangan berjanji ketika kamu senang. Jadi belajar pahami situasi dan diri sendiri mulai sekarang.


Nah, itu tadi enam cara menumbuhkan karisma seorang pemimpin. Kamu juga bisa ikut pelatihan khusus untuk menjadi leader loh. Jangan lupa terus amati pemimpin panutan-mu, yang sekiranya cocok untuk meningkatkan kualitas dirimu dari segi leadership. Amati, tiru, lalu modifikasi!



Artikel Lain :