7 Persiapan Sebelum Berkarir di Perusahaan Impian. Lihat Hasilnya

Luarsekolah

Oleh : Ester Monica

Selama masa pendidikan, pastinya kamu sudah memiliki bayangan ingin berkarir di perusahaan mana. Agar impian itu bisa menjadi kenyataan perlu action dan persiapan. Lalu apa saja persiapan yang dibutuhkan agar bisa berkarir di perusahaan yang kamu inginkan? Baca sampai habis ya!

1. Ikut magang

Untuk kamu fresh graduate, tidak ada salahnya untuk ikut magang atau internship loh. Karena di masa magang lah, kamu banyak belajar dan masih dimaklumi apabila membuat kesalahan. Terlibat dalam aktivitas magang merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan diterima atau tidaknya kamu di perusahaan yang menjadi targetmu.


© Pexels.com

2. Kuasai Bahasa Inggris

Tahukah kamu bahwa orang yang fasih berbahasa Inggris dianggap lebih unggul. Dengan mahir bahasa inggris juga meningkatkan daya saing kamu dibandingkan dengan orang lain. Minimal basic percakapan atau conversation itu sudah diluar kepala ya.

3. Pelajari Skill yang Menjual

Skill yang menjual artinya skill yang menjadi incaran banyak perusahaan. Untuk tahun ini Digital Marketing menjadi salah satu skill yang banyak dicari. Mulai dari perusahaan berskala kecil menengah sampai perusahaan besar. Untuk upgrade skill kamu bisa mengikuti online course atau pelatihan. Masih ada kok course yang gratis. Hanya bermodal niat dan kesungguhan mau belajar.

4. Tanya Senior atau Alumni

Senior kamu yang sudah bekerja, bisa jadi tempat sharing atau berbagi ilmu yang bermanfaat. Jika kamu sulit menemukan alumni yang tepat, kamu bisa menggunakan aplikasi Linkedin untuk bisa terhubung dengan alumni dari kampus kamu.

5. Riset Perusahaan

Sebelum bekerja di perusahaan impian, pastikan kamu sudah mengetahui secara mendalam perusahaan tersebut. Mulai dari apa yang dilakukan perusahaan, visi, misi, ataupun value perusahaan. Hal yang kurang masuk akal apabila kamu mengklaim perusahaan tersebut merupakan perusahaan impianmu, tapi kamu tidak tahu apa yang mereka kerjakan.


© Pexels.com

6. Latihan Interview

Tahap ini merupakan tahap sebelum kamu resmi bergabung dengan perusahaan. Sebaiknya persiapkan dirimu agar mampu menguasai jalannya interview. Perbanyak latihan berbicara di depan orang lain.

7. Milikilah Interpersonal Skill yang Baik

Tidak kalah penting yaitu attitude yang baik. Mau sebaik apapun skill yang kamu miliki, tanpa ditunjang oleh interpersonal skill, maka kemampuan kamu akan sia-sia. Karena pada dasarnya perusahaan ingin memiliki karyawan yang dari segi kemampuan komunikasi, adaptasi, attitude, dan kolaborasi yang baik. Jadi sudah pasti skill ini harus kamu kuasai. Caranya dengan ikut bergabung ke dalam organisasi atau mengikuti volunteer selama menempuh pendidikan. Lewat hal tersebut juga CV mu menjadi lebih baik.




Artikel Lain :
Hubungi Kami