9 Soft Skills yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Oleh : Dzaky Assiddiqi Karim 473

Soft skill adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu secara alami yang mencakup kecerdasan, baik emosional maupun sosial. Memiliki soft skills yang dibutuhkan dalam dunia kerja merupakan salah satu keunggulan ketika melamar pekerjaan. Soft skills yang bisa kamu pelajari secara
mendalam untuk meningkatkan kredibilitas kamu di tempat kerja adalah sebagai berikut:
 
1. Public Speaking
Public speaking adalah kemampuan komunikasi yang penting. bukan hanya untuk karier, tapi juga kehidupan sehari-hari. Kamu akan mengalami momen di mana harus berbicara di depan umum. Dengan kemampuan public speaking yang baik, kamu bisa menyampaikan gagasan, ide, informasi atau hal lainnya dengan baik. Selain itu, kamu juga jadi lebih percaya diri, bisa memimpin orang lain, dan memengaruhi orang lain. Ini bisa jadi kesempatan bagus untuk membangun relasi baru untuk membuka berbagai peluang. 
 
2. Problem Solving
Setiap bidang pekerjaan memiliki masalahnya tersendiri. Dengan memiliki kemampuan problem solving, kamu dapat mengidentifikasi masalah tersebut dan menentukan tindakan (solusi) untuk memperbaikinya. Pada akhirnya, kamu dapat mengontrol situasi untuk menjadi lebih baik. Dengan begini, kemampuan memecahkan masalah adalah hal utama yang harus dikuasai.
 
3.Leadership
Soft skill penting untuk kepemimpinan karena keterampilan seperti komunikasi yang efektif dengan anggota tim, membuat keputusan tentang proses dan mempertahankan tim yang terorganisir sangat penting untuk produktivitas dan kinerja.
 
4. Critical Thinking
Critical thinking atau berpikir kritis merupakan kemampuan untuk melihat sesuatu lebih jernih, objektif, dan berpikir lebih rasional. Critical thinking akan membuat kamu lebih selektif dalam menerima informasi, menganalisis permasalahan yang dihadapi sebelum mengambil keputusan. Critical thinking mampu membantu pekerja menyelesaikan masalah dan membangun strategi yang membuat kamu lebih baik dalam bekerja.
 
5. Adaptif
Dalam dunia kerja, terdapat banyak karakter dengan ethos kerja yang berbeda-beda dan juga pekerjaan berat yang harus kamu hadapi. Dengan demikian, satu-satunya cara untuk bertahan adalah beradaptasi. Dengan skill beradaptasi yang baik, kamu akan melewati masa sulit tersebut. Soft skill yang satu ini akan membantu kamu melewati segala dinamika di dunia kerja.
 
6. Manajemen Waktu
Soft skill manajemen waktu melatih kedisiplinan dalam berbagai hal dalam kehidupan, termasuk dalam dunia kerja. Seorang pekerja wajib untuk memiliki soft skill manajemen waktu. Dalam dunia kerja, menjadi tepat waktu adalah hal yang sangat penting. Mengelola waktu dengan baik juga bisa membantumu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan secara tepat waktu dan kualitas dari produktivitas kerja juga bisa
meningkat.
 
7. Teamwork
Soft skill selanjutnya yang harus dimiliki adalah kemampuan kerja sama. Menjadi seseorang yang bisa diajak bekerja sama di dalam tim sangat penting untuk kariermu. Banyak orang yang mampu bekerja sangat baik jika bekerja sendiri, tapi kesulitan ketika harus bekerja sama. Hal seperti ini akan menyusahkan diri sendiri dan juga menghambat kerja tim. Maka dari itu, kamu harus mengasah skill yang satu ini jika ingin berhasil sebagai seorang profesional muda. Di kantor, kamu harus bekerja dengan orang lain untuk mencapai tujuan dari perusahaan dengan baik.
 
8. Kreatif dan Inovatif
Memiliki pola pikir inovatif dan kreatif sangat membantu untuk menemukan ide-ide segar baru. Dalam suatu perusahaan dan di era 4.0 yang cukup cepat ini sangat perlu kemampuan berpikir kreatif untuk membuat inovasi-inovasi yang membuat perusahaan tidak stagnan dan tertinggal. Melalui kemampuan berpikir kreatif dapat membuat kamu untuk perform lebih stand out khususnya di lingkup dunia karier.
 
9. Profesionalisme
Dunia kerja bisa disebut sebagai dunia profesional. Gak ada lagi yang namanya lepas tanggung jawab. Kamu memiliki tanggung jawab penuh atas yang kamu kerjakan. Untuk menjadi profesional kamu tidak boleh mencampur urusan pribadi dengan urusan kerja.
 



Artikel Lain :