Aplikasi Ini Bisa Membantumu Menyelesaikan Pekerjaan Apa Pun dengan Cepat

Luarsekolah

Kreator di Luarsekolah

Hari ini, segala kebutuhan hidup bisa dipenuhi oleh aplikasi. Laper? Buka Gojek atau Grab. Mau belanja? Buka Tokopedia atau Shopee. Mau pesen tiket jalan-jalan? Buka Traveloka atau Pegipegi. Jomblo? Buka Tinder…

Tidak ada lagi yang tidak bisa dilakukan lewat aplikasi.

Kecuali aplikasi yang bisa menyelesaikan semua pekerjaanmu. Besok ada presentasi? Serahkan pada aplikasi, dia yang akan membuat ppt-nya. Lupa belum mengerjakan tugas mata kuliah akuntansi? Tenang, dia juga yang akan menghitung semuanya. Sayangnya belum ada aplikasi yang secanggih itu di dunia ini.

Tapi tenang… Sebenarnya ada kok aplikasi yang bisa membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Ya, walaupun tidak secara langsung.

Nama aplikasinya Forest.

Forest adalah aplikasi yang diciptakan untuk membantumu mengurangi penggunaan handphone agar kamu bisa fokus bekerja. Di aplikasi Forest kamu bisa menyetel timer. Nah selama timer itu berjalan, katakanlah 30 menit misalnya, kamu tidak bisa menggunakan handphone-mu.

Ya, tentu sebenarnya bisa. Tapi Forest memberimu hadiah pohon virtual untuk setiap sesi yang berhasil kamu lewati. Dan kalau timer-nya kamu berhentikan dengan paksa, pohon itu akan mati. (Kamu tega membunuh pohon yang tidak berdosa?!)

Jadi semakin sering kamu menggunakan Forest (fokus bekerja tanpa main handphone) semakin lebat juga hutan virtualmu.

Gangguan, dalam bentuk apa pun, akan mengurangi kecepatan bekerja. Pekerjaan yang memakan waktu 1 jam dalam keadaan fokus bisa memakan waktu 4 jam dalam keadaan terganggu. Ini tidak bisa dipungkiri lagi. Sudah banyak riset yang menunjukkan.

Tapi ternyata yang terpengaruh bukan hanya kecepatan. Kualitas pekerjaan juga. Menurut riset, gangguan atau distraksi bisa meningkatkan jumlah kesalahan (error) yang terjadi pada suatu pekerjaan.

Pernah ada riset di mana beberapa mahasiswa ditugaskan menulis essai. Mereka diberi waktu 12 menit untuk merencanakan struktur essainya dan 12 menit untuk menulisnya. Sembari mengerjakan, beberapa mahasiswa ada yang diinterupsi, baik di sesi perencanaan maupun penulisan. Mereka harus mengerjakan puzzle dulu selama 60 detik. Setelah itu barulah mereka boleh melanjutkan essai.

Hasilnya? Nilai essai mahasiswa yang diinterupsi lebih rendah dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak diinterupsi. Dan perbedaannya cukup signifikan.

Kemungkinan besar kamu punya pekerjaan yang harus kamu selesaikan dalam waktu dekat.

Coba deh kerjakan tugasmu itu tanpa melihat handphone. Sejam saja. Atau kalau tidak sanggup, minimal setengah jam deh. Kamu pasti akan merasakan perbedaannya. Pekerjaanmu akan minim kesalahan, dan yang pasti, akan lebih cepat selesai. Kalau kamu tidak kuat menahan diri untuk tidak melihat handphone, coba pakai aplikasi Forest. Fokusmu akan terjaga karena tidak ada notifikasi yang bisa masuk.

Tapi ya sehebat apa pun aplikasi membantu, harus ada kemauan juga dari dirimu. Karena perubahan ke arah yang lebih baik ada di tanganmu bukan tangan orang lain.

***

Terimakasih sudah membaca artikel ini! Kalau kamu ingin menambah pengetahuan tentang Time Management kamu bisa klik link ini: https://www.luarsekolah.com/kelas/online/time-management-for-productivity2



Written By
Lui Anbar Rhainata