Investasi 0 Rupiah, dengan Keuntungan yang Tak Ternilai untuk Diri Sendiri

Luarsekolah

Oleh : Ester Monica

Istilah investasi memang sedang naik akhir-akhir ini. Sebagian orang berpikir bahwa investasi membutuhkan modal yang besar untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Hal tersebut memang benar adanya, tapi tahukah kamu bahwa ada investasi yang dengan modal 0 rupiah untuk diri sendiri dengan keuntungan super besar, alias tanpa modal? Iya kamu gak salah baca kok, investasi 0 rupiah ini bisa kamu terapkan di keseharian. Apa saja contohnya? simak sampai habis dan jangan lupa praktekkan ya!

1. Relasi dengan Sang Pencipta
Hubungan dengan Sang Pencipta merupakan investasi jangka panjang yang tidak terlihat. Bukan cuma soal uang tapi dengan membangun hubungan lebih dalam dengan Tuhan, hidupmu akan lebih damai dan tenang. Investasi ini sangat bisa kamu lakukan untuk gak cepat tergoda dengan arus perkembangan zaman yang akhir-akhir ini agama dianggap sebagai urusan belakangan.


2. Kesehatan
Sehat itu mahal dan gak bisa dibeli dengan uang. Maka dari itu sejak usia muda, usahakanlah untuk selalu olahraga minimal 15-25 menit. Olahraga yang simple saja seperti yoga, jogging, meditasi. Gak bermodal uang, hanya bermodal konsisten dan niat. Bahkan penyesalan beberapa orang tua yaitu mengabaikan kesehatan karena dianggap masih muda, sehingga fisik masih kuat. Padahal efek mengabaikan olahraga berakibat fatal di 10-15 tahun kemudian.

3. Pengetahuan Baru

© Pexels.com

Ilmu itu terlalu luas kalo hanya sekedar belajar dari kelas atau Kampus. Masih banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber seperti ikut seminar, pelatihan, kursus, dan lain-lain, Bahkan sekarang lewat Youtube atau podcast kamu juga bisa mendapatkan ilmu dan value hidup dengan mendengarkan pengalaman orang yang lebih tua. Beberapa lembaga pelatihan menyediakan kelas gratis bagi users mereka. Salah satunya yaitu Luarsekolah, kamu bisa lihat di bagian kelas gratis dan upgrade ilmu tanpa harus khawatir dengan keuanganmu.

4. Hindari Teman Negatif
Tahukah kamu bahwa pergaulan yang buruk menghancurkan kebiasaan yang baik? Hal tersebut memang benar adanya. Teman negatif mempengaruhi kualitas hidup kamu. Karena kamu terbiasa dengan perilaku negatif tersebut dan akhirnya malah ikut-ikutan. Jadi lebih baik lepaskan hubungan pertemanan yang seperti ini, karena gak membawa dampak positif apapun untukmu.

5. Berpikir Kritis
Berpikir kritis menjadi salah satu investasi karena membuat kamu lebih realistis dan dewasa untuk memikirkan hal-hal yang terjadi disekeliling kamu. Bukan hanya itu, berpikir kritis juga mengasah otak supaya lebih peka dan memikirkan banyak opsi untuk menjadi alternatif lain. Maka dari itu berpikir kritis penting, karena akan bermanfaat seumur hidup.

6. Evaluasi Diri
Evaluasi membuat diri kamu lebih baik setiap harinya. Lewat evaluasi kamu bisa tahu kesalahan kamu, sehingga membuka potensi kamu yang lainnya. Beberapa pertanyaan yang bisa kamu tanyakan setiap hari yaitu?
- Apa saja yang hari ini sudah aku kerjakan?
- Apakah hasilnya memuaskan?
- Apakah hari ini aku sudah membuat progress walaupun hanya 1% saja?
- Apa responku terhadap tantangan pekerjaan hari ini?
- Apa aku sudah maksimal melakukannya hari ini?

Lalu tutup dengan afirmasi positif seperti “Lelahmu hari ini merupakan bentuk persiapan menuju keberhasilan”

7. Berhenti Menunda-nunda
Menunda merupakan kebiasaan yang gak bijak. Dengan menunda justru fisik kamu akan semakin lelah karena menumpuk beban yang seharusnya sudah tuntas. Prioritas mu juga akan berantakan jika hal ini dilakukan dalam kurun waktu yang lama. Prinsip kebut semalam sebenarnya malah membuatmu semakin malas, karena tugas yang bisa dikerjakan satu persatu, maka menumpuk dan dipaksa untuk dikerjakan dalam satu malam. Maka dari itu cicil lah pekerjaanmu, gak harus semua yang penting ada kemajuan.

8. Tantang Diri Setiap Hari
Tantangan menjadikanmu pribadi yang lebih kuat. Pada umumnya manusia memang takut akan tantangan tapi ada banyak value berharga loh dari berbagai tantangan yang kamu hadapi. Tantangan gak harus yang bikin kamu stress kok, kamu bisa tantangan dari tahapan yang simple, seperti dibawah ini
- Membaca buku minimal 15 halaman
- Bangun lebih awal
- Tunda main HP selama 2 jam
- Dengar podcast edukatif
- Minimal ikut 1 seminar dalam 1 minggu

9. Belajar Public Speaking
Kemampuan berbicara merupakan skill yang tidak lekang oleh waktu. Kemampuan ini pasti akan berguna berapapun umurmu, Tapi tenang kemampuan ini bukan bawaan lahir kok, bisa diasah dan dikembangkan. Caranya dengan berbicara setiap hari di depan cermin. Coba ceritakan bagaimana 1 hari tersebut kamu jalani, lalu rekam suaramu. Ada beberapa teknik public speaking supaya kamu gak belibet, dengan tongue twister seperti ini:
- Dudung ambilkan dandang di dinding dong
- Kuku kaki kakekku kaku karena tertusuk paku
- Toko-toko di kota kita tutup ketika kita tetap buka toko kita

10. Quality Time dengan Orang Tercinta

© Pexels.com

Quality time termasuk investasi loh. Quality time merekatkan ikatan yang pernah renggang atau mengintimkan hubungan yang sudah dekat. Terlebih kalau quality time dengan keluarga tersayang. Jadi jangan lupa untuk terus minta doa dari keluarga kamu ya. Karena doa orang tua sangat memiliki pengaruh bagi kehidupan anak-anaknya. Jikalau kamu merantau jangan lupa untuk terus berkabar dengan keluarga di rumah ya. Dengan adanya hubungan yang baik ini rejeki kamu pasti dimudahkan. Jadi lakukan ya.

Itu dia investasi 0 rupiah untuk diri sendiri yang gak bisa dinilai manfaatnya. Selalu upgrade diri ya. Semakin hari semakin menjadi versi terbaik dirimu, terlebih hal-hal diatas gak mengeluarkan uang. Jadi tunggu apalagi, yuk mulai dari sekarang!





Artikel Lain :
Hubungi Kami