Start Up vs Corporate Mending Yang Mana Sih?

Luarsekolah

Oleh : Alya Nurfakhira Zahra

bekerja di startup dan korporat sering kali menjadi incaran di kalangan generasi Z dan milenial. Khusus startup biasanya berisi anak-anak muda gaul nan kreatif. Bekerja di salah satunya membuat sebagian orang lain merasa iri karena kehidupan kantor yang asik. Bisa dibilang jika kamu bekerja di startup atau korporat kamu sudah termasuk dalam jajaran orang keren lho!

Walau begitu masih ada orang yang menganggap bahwa bekerja di korporat sama, seperti bekerja di startup . Padahal keduanya memiliki kebudayaan yang berbeda. Nah, kalau pilih pilih kamu lebih suka bekerja di startup atau korporat nih? Daripada galau mending cari tahu yuk apa aja sih kelebihan dan kekurangan bekerja di startup dan korporat!

1. Budaya Kerja
Korporat dan startup memiliki budaya kerja yang berbeda. Korporat memiliki budaya kerja yang lebih terstruktur dan terdapat susunan hierarki. Sementara korporat cenderung lebih fleksibel dengan jam kerja yang bebas. Berband terbalik dengan korporat kamu tidak bisa hati-hati menentukan kapan saja. bekerja  di startup kamu juga bisa bekerja dari mana saja lho! Namun, karena tidak memiliki waktu kerja yang pasti kadang kamu harus siap ketika dihubungi malam-malam secara tiba-tiba

Karyawan startup juga lebih banyak diisi oleh semangat-jiwa muda yang masih memiliki tinggi dan kreativitas tanpa batas. bekerja di startup kamu harus memiliki pemikiran yang out of the box dan bersiap untuk menerima segala tantangan baru. Oleh karena itu, jika kamu mencari tempat kerja yang bisa mendorongmu untuk maju dan mengeksplor diri bekerja di startup mungkin jalan keluar terbaik.

2. Tempat Kerja
Tempat kerja di startup lebih nyaman karena biasanya kantor menyediakan ruang kerja bersama serta ruang terbuka untuk bekerja. Kamu bisa lebih bebas dalam berinteraksi. Sementara korporat antara rekan kerja terdapat penyekat sehingga membatasi gerak. Walau begitu jika kamu memiliki pribadi yang introvert dan menghindari sosiolasi, kamu akan cocok bekerja di korporat dibandingkan startup .

3. Pakaian Kerja dan Interaksi
Biasanya pakaian kerja di korporat sudah diatur dan formal karena korporat adalah kantor berbadan hukum. Sementara startup kamu bisa dengan bebas memilih pakaian yang kamu kenakan. Kamu bisa melakukan mix and match atau unjuk gigi lewat fashion yang kamu kenakan. Walau begitu, kamu harus tetap sopan ya!

bekerja di startup kamu memiliki kebebasan interaksi karena interaksinya yang bersifat dua arah. Kalau di korporat kamu harus memperhatikan perhatian terhadap atasan dan sesama rekan kerja di batasan-batasan yang perlu dipatuhi. Bisa dikatakan korporat lebih formal, sedangkan startup bersifat informal.

4. Banyak Istilah Asing yang Memusingkan Bekerja di Startup
Bahasa di startup cenderung menggunakan istilah asing yang terkadang memusingkan, seperti huddle yang berarti daily meeting . Townhall yang biasanya diadakan seminggu sekali sebagai pertemuan perusahaan. Kamu juga akan melakukan retro bukan berarti tema jadul, melainkan evaluasi harian. Bisanya ditulis ke dalam stand up yang merupakan laporan harian. Bagaimana sudah enggak bingung lagi kalau harus menggunakan istilah asing pertama kali masuk ke dunia startup ?

5. Gaji dan Tunjangan
biasanya korporat memiliki aturan baku terkait gaji dan tunjangan yang diberikan karyawan. Perusahaan juga memiliki kewajiban membayar uang lembur untuk karyawan serta tunjangan bonus buat karyawan yang dapat mencapai Indeks Kinerja Utama (KPI) yang telah ditetapkan perusahaan. Berband terbalik dengan startup yang merupakan rintisan sehingga memungkinkan karyawan untuk bergabung dengan sekitar Up Minimum Provinsi (UMR). Tentu saja, tidak seperti perusahaan startup yang sudah bergelar unicorn dan decacorn, di mana memiliki standar gaji di atas rata-rata.

6. Jenjang karir
Terakhir adalah startup dan korporat memiliki career path yang berbeda. Korporat memiliki jenjang karir yang stabil dan pasti meski kamu memiliki banyak pesaing. Sementara jalur karir startup jauh lebih jelas karena masih memiliki perkembangan. Namun, kamu akan dilakukan masa percobaan tiga bulan pertama bahkan ada perusahaan yang hanya melakukan satu bulan masa percobaan sebelum kamu bisa dipastikan sebagai karyawan tetap.

Dari semua penjelasan di atas, kamu sudah tidak bingung lagi kan jika ditawarkan bekerja di startup atau korporat? Setiap pekerjaan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan diri semakin matang di dunia kerja, kamu bisa ikutan kelas di Luarsekolah di sini!

Bagi yang membeli kombo kelas Belajar Menjadi Pengusaha Industri Pakaian senilai Rp500.000 dan Belajar Teknik Fotografi untuk Menjadi Fotografer senilai Rp500.000 juga kamu bakal mendapatkan koin LS yang dapat ditukar menjadi e-money sebesar Rp100.000 jadi tunggu apalagi?




Artikel Lain :
Hubungi Kami