Strategi Marketing Online Gary Vaynerchuk, Yakin Nggak Mau Niru?

Luarsekolah

Kreator di Luarsekolah

Strategi Marketing Online – Belum kenal dengan Gary Vaynerchuk? Bisa jadi Anda masih baru di dunia marketing. Dikenal juga dengan nama Gary Vee, ia adalah seorang pebisnis, investor, pembicara, juga digital marketer kelas dunia. Ia juga banyak dicari orang kesuksesannya dalam memegang beberapa brand top dunia seperti General Electric, PepsiCo, Mondelez dan lain-lain.

Meski sudah handal dalam dunia marketing, nyatanya strategi marketing online yang dijalaninya justru cukup sederhana dan bisa dilakukan siapapun dan cocok baik untuk personal maupun untuk perusahaan. Apa saja strategi marketing online yang dimiliki oleh Gary Vee seorang ahli marketing online top dunia ini? Berikut pembahasan lebih jauhnya.

Gunakan Semua Media Sosial

Strategi marketing online yang disarankan Gary adalah milikilah semua akun media sosial. Hal ini harus dilakukan karena setiap segmentasi konsumen yang berbeda tidak berkumpul di satu media sosial saja. Salah satu maksud dari menggunakan semua media sosial sendiri agar bisa menjaring semua calon konsumen potensial.

Selain membangun dan mengumpulkan leads secara organik dengan media sosial, kamu juga jangan melupakan iklan berbayar.

Bagikan Value Lebih Dulu Ketimbang Langsung Jualan

Dalam mengelola akun-akun online sebagai sarana jualan ini, lebih baik kamu membagikan value lebih dulu ketimbang langsung menggencarkan promosi untuk jualan. Maksud dari value sendiri, sejak awal kamu perlu mengedapankan nilai kamu dan memberikan benefit lebih dulu pada calon konsumen.

Berikan apa yang konsumen butuhkan seperti konten-konten bermanfaat. Jika sudah mengedepankan value, kamu bisa menjadi lebih mudah dipercaya. Dari kepercayaan inilah kamu baru bisa mendapatkan hati konsumen dan mulai berjualan secara perlahan.

Tidak Perlu Repot Membuat 1 Konten Untuk 1 Media

Dengan padatnya aktivitas Gary Vee sebagai pebisnis dan pembicara tentu akan memakan banyak waktu, akan tetapi jika kamu mengikuti akun-akun media sosial medianya ia tetap konsisten membagikan konten-konten edukasi di akunya. Meski memang secara profesional ia memiliki tim sendiri untuk mengelola media sosial medianya, ia tidak perlu membuat satu konten untuk satu media.

Hal yang ia lakukan adalah membuat 60 menit konten video yang nantinya bisa dirubah ke dalam bentuk-bentuk konten lainnya baik untuk artikel, poscast, Instagram post, story hingga IG TV. Hanya dengan satu konten video kamu bisa bagikan ke dalam semua akun media sosial seperti Youtube, Instagram, Twitter, Facebook, Podcast dll. Dengan catatan, konten utama di edit sesuai kriteria tiap media sosial.

Jangan Malas Merespon Pesan Dan Komentar

Hingga saat ini, Gary Vee sendiri masih sering membalas pesan masuk dan komentar yang ada di akun sosial medianya. Hal ini juga yang perlu kamu dan perusahaanmu lakukan sebagai salah satu strategi marketing online yang bisa kamu lakukan. Membalas komen dan pesan sendiri adalah bentuk dari customer service sebuah perusahaan. Jika membalas komen dan pesan saja tidak kamu lakukan, bagaiamana dengan pelayanan lainnya?

Dari sejumlah strategi marketing online yang dilakukan Gary Vee ternyata terbilan cukup sederhana dan tidak begitu kompleks, bahkan poin-poin diatas bisa dijalankan dan ditiru oleh siapa saja. Jika dilihat secara general, strategi marketing online yang dijalankan Gary Vee adalah berada dimana konsumen mu berada, memberikan value lebih dulu dan juga memberikan pelayanan terbaik pada calon konsumen. Sejauh ini sudah melakukan poin yang mana?

(Photo by Aman Upadhyay on Unsplash)