Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Ternyata Bisa Nambah Pemasukan

Luarsekolah

Kreator di Luarsekolah

Seorang ibu sebenarnya memiliki banyak kemampuan. Bagaimana tidak? Ibu adalah sosok yang serba bisa. Mulai dari memasak, mengajar, bersih-bersih rumah, hingga menjadi bendahara keluarga.

Hal yang menjadi persoalan, banyak emak-emak yang tidak sadar jika kemampuannya berharga dan bisa menghasilkan. Apa saja kira-kira usaha rumahan ibu rumah tangga yang ternyata bisa memberikan keuntungan tak terkira? Berikut pembahasan lengkapnya.  

1. Mengajar Online

Usaha rumahan ibu rumah tangga yang pertama adalah mengajar. Seorang ibu adalah guru pertama bagi anak-anaknya. Apalagi jika Anda memiliki latar belakang yang jelas sebagai pendidik, tentu memiliki keahlian mengajar. Ketika memiliki keahlian apalagi kesenangan saat berbagi pengetahuan, mengapa tidak membuka kelas online?

Di zaman serba canggih saat ini, belajar pun sudah bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Orang-orang memiliki minat yang tinggi soal pengetahuan tetapi terbatas oleh waktu dan tempat. Dengan kelas online semua bisa teratasi. Soal pemasukan? Hal yang sudah pasti bisa memberi tambahan yang cukup bagi dompet Anda.

2. Memasak

Selain bisa mengajar, banyak dari ibu-ibu yang sangat ahli dalam memasak. Memang tidak semua ibu bisa memasak tetapi pada umumnya seorang wanita memiliki kemampuan ini.

Anda salah satu yang sangat pintar dalam membuat suatu panganan? Cobalah untuk menjualnya pada orang terdekat. Jika orang terdekat menyukainya maka mulailah pasarkan pada market yang lebih besar. Bukan tidak mungkin jika olahan makanan yang Anda buat bisa benar-benar menghasilkan. Usaha rumahan ibu rumah tangga satu ini memang menjadi usaha yang paling mainstream tetapi meski mainstream, justru potensi keuntungannya sangat menjanjikan.

3. Menulis

Rekan Anda ada yang senang berlama-lama di depan laptop? Anda sepertinya perlu curiga. Bisa jadi ia sudah keranjingan menulis dan sudah mendapat hasil dari tulisannya.

Sekarang sudah banyak ibu-ibu yang menjadi blogger, content writer, penulis buku bahkan menjadi ghost writer. Kebanyakan dari ibu-ibu ini biasanya senang menumpahkan perasaan lewat tulisan. Jika Anda adalah salah satu orang yang juga senang melakukan hal tersebut, mengapa tidak mencoba menjual tulisan Anda?

Menulis saat ini bahkan sudah banyak dilakukan oleh para ibu-ibu karena bisa dilakukan dimana saja termasuk dirumah. Jadi kapan Anda mau mulai menulis dan menjadikannya sebagai peluang usaha?

4. Kerajinan Tangan

Anda salah satu ibu yang masih senang merajut atau membuat kerajinan dari berbagai jenis bahan? Saat ini komunitas-komunitas ibu-ibu yang senang dengan kerajinan tangan banyak ditemukan. Tak sedikit juga yang didukung sejumlah perusahaan.

Sebut saja kerajinan dari sampah, perkumpulan ibu-ibu akan sangat didukung karena membuat ibu berdaya sekaligus mengurangi sampah-sampah plastik yang justru dibuat menjadi lebih bermanfaat. Usaha rumahan ibu rumah tangga seperti ini sudah otomatis bisa menghasilkan uang dari hasil penjualan produknya.

5. Mengabadikan Kegiatan Buah Hati

Bingung ya mengapa kegiatan foto atau merekan video anak bisa menghasilkan rupiah? Jika Anda ibu-ibu zaman now sudah pasti tidak asing dengan fenomena ini. Banyak bermunculan selebgram cilik atau Youtuber cilik yang menampilkan kegiatan sehari-hari.

Sebut saja Kirana anak dari Retno Hening, Acan Acin anak dari Mas Waditya, atau Bjorka buah hati dari artis ibu kota Ringgo dan Sabai. Foto dan video yang ditampilkan sebenarnya sederhana. Namun, tingkah laku anak-anak inilah yang banyak mencuri perhatian masyarakat. Makin banyak follower tentu menjadi banyak yang menawarkan iklan dan menghasilkan rupiah.

Jadi usaha rumahan ibu rumah tangga kekinian yang mana yang akan Anda pilih untuk bisa menambah pemasukan keluarga? Beruntung jika Anda memiliki lebih dari satu keahlian. Berarti semakin besar kesempatan Anda dalam menghasilkan keuntungan.

Kegiatan-kegiatan di atas memang merupakan hal yang biasa dilakukan ibu rumah tangga. Tetapi jika dilihat lebih jauh, ada peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi tambang “rupiah.”

Hal yang sering tidak disadari banyak ibu rumah tangga, kemampuan dan keahlian yang dimiliki sebenarnya memiliki nilai. Bukan sekedar kegiatan biasa semata. Mulai saat ini, sadari kemampuan yang menonjol yang Anda miliki, manfaatkan keahlian tersebut dengan lebih baik dan mulai menjual produk atau jasa yang dihasilkan dari keahlian yang Anda miliki.